Gunung Salju di AS Berwarna Merah Muda. Ini Penjelasan Ilmuwan

Gunung salju di negara bagian Utah, AS, berwarna merah hingga merah muda. Fenomena ini dikenal sebagai salju semangka atau watermelon snow.

Para ilmuwan menjelaskan bahwa fenomena ini disebabkan oleh pertumbuhan alga hijau yang dikenal sebagai Chlamydomonas nivalis di pegunungan tersebut.

Alga salju ini menghasilkan pigmen yang membuat sel-sel alga menjadi lebih gelap, berfungsi sebagai perlindungan terhadap sinar ultraviolet (UV). Perlindungan ini melindungi DNA dan organel sel alga dari kerusakan akibat paparan sinar matahari yang terang.

Selain itu, alga ini juga memiliki manfaat sekunder yaitu menyerap panas, yang menyebabkan salju di sekitarnya mencair. Hal ini memungkinkan alga untuk mengakses air yang sangat penting, terutama di masa kini di mana sumber air sangat berharga.

Para ilmuwan juga menyatakan bahwa jumlah alga yang ditemukan di bagian barat Amerika Serikat dapat berkontribusi terhadap kondisi kekeringan. Alga-alga ini memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pencairan salju di wilayah Barat secara keseluruhan. ***

Pos terkait