Targetkan Juarai Pemilu 2024 di Kaltim, Hasto: Saat IKN Difungsikan, PDIP Siapkan Diri

RENTAK.ID, BALIKPAPAN – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kalimantan Timur menyelenggarakan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) III yang dilaksanakan di Hotel Tjokro Balikpapan, Minggu (20/8/2023).

Hadir lebih dari seribu pengurus dan kader yang datang dari seluruh wilayah seprovinsi itu.

Bacaan Lainnya

Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto hadir untuk membuka rakerda tersebut, didampingi Ketua DPP PDIP Sri Rahayu. Sementara jajaran PDIP Kaltim dipimpin Ketua DPD PDIP Kalimantan Timur Irjen (Pol) Purn. Safaruddin dan Sekretaris Nanda Emira Moeis.

Soal elektabilitas bakal capres Ganjar Pranowo yang rebound menjadi salah satu bahasan utama, serta semangat agar PDIP Kaltim menjadi pemenang pemilu 2024 mengingat Ibu Kota Negara (IKN) mulai difungsikan pada tahun itu juga.

“Melalui Rakerda DPD PDI Perjuangan di Kalimantan Timur, kami menyatukan gerak langkah dalam pemenangan pemilu legislatif dan pemilu presiden dimana berdasarkan survei elektoral pak Ganjar Pranowo itu semakin naik, terjadi rebound, dan ini membangun optimisme kita di tengah-tengah berbagai keroyokan yang dilakukan oleh pihak lain terhadap pak Ganjar Pranowo,” ujar Hasto Kristiyanto kepada wartawan di sela-sela rakerda.

Menurut Hasto, salah satu pembahasan di Rakerda adalah bagaimana kepemimpinan Ganjar Pranowo yang penuh stamina, visoner dan memiliki rekam jejak yang sebagai gubernur yang berhasil, serta pengalaman panjang sebagai anggota DPR dua periode. “Rekam jejak Pak Ganjar, karakter kepemimpinan dan situasi dikeroyok justru menimbulkan simpati rakyat untuk bergerak, menumbuhkan dukungan yang semakin kuat kepada pak Ganjar Pranowo,” ujar Hasto.

Sain itu, lanjut Hasto, Rakerda juga membahas bagaimana persiapan seluruh jajaran PDI Perjuangan Kaltim mempersiapkan diri, mengingat dari kebijakan Presiden Jokowi, IKN akan difungsikan mulai tahun depan. Dengan IKN di tempat baru, sekaligus akan terjadi perubahan paradigma.

“Sehingga seluruh kader kader PDI Perjuangan menyiapkan diri, menyatukan satu gerak langkah membangun spirit agar PDI Perjuangan nantinya bisa menjadi tuan rumah yang baik di ibu Kota Negara yang baru, yang membangun paradigma untuk gerak cepat kemajuan Indonesia Raya kita,” urai Hasto.

Yang ketiga, seluruh tahapan-tahapan detail pemenangan pemilu akan dipersiapkan, termasuk target dari pemenangan pemilu presiden.

“Oleh Ketua DPD Kaltim, berdasarkan hasil dari rakerda ini, target pemenangan pak Ganjar Pranowo itu tadi 75 persen. Artinya ada optimisme yang sangat tinggi untuk bisa mampu memenangkan pak Ganjar Pranowo, karena kemarin ketika dilakukan door to door ternyata masyarakat merespon secara positif,” tegas Hasto.

Irjen (Pol) Purn. Safaruddin mengatakan, pada pemilu 14 Februari 2024, komitmen seluruh kader PDIP Kaltim adalah mencapai target kemenangan.

“Tidak ada kata lain, harus menang legislatif dan presiden,” kata Safaruddin.

Target kursi DPR di Kaltim adalah dari 2 kursi menjadi 3 kursi, dan DPRD tingkat I jadi 14 kursi.

“Target semuanya naik, mudah-mudahan bisa tercapai. Saya minta kepada seluruh caleg, dengan turun ke bawah dan soliditas Partai kita akan membuat sejarah baru di Kaltim”, imbuhnya.

Sementara untuk target pilpres itu 75 persen. Saat pemilu 2019, kata Safaruddin, raihannya adalah kemenangan 56 persen.

“Kami yakin kita bisa memenangkan Pak Ganjar,” ujarnya.

“Kita berjuang, tak ada waktu lagi untuk tidak turun ke bawah, ke Akar Rumput seperti perintah Ibu Ketua Umum Ibu Megawati Soekarnoputri,” tegas Safaruddin.

Kembali ke Hasto, ia mengatakan bahwa walau Ganjar Pranowo dan parpol pendukungnya dikeroyok, namun keyakinan seluruh dan kader harus tetap teguh. Dia mengingatkan bahwa berpolitik itu sangat erat berkaitan dengan spiritualitas yang menjadi ciri kehidupan bangsa dan bernegara.

“Kita adalah negeri spiritual . Maka segala sesuatu dengan memohon restu dari Yang Maha Kuasa. Sekuruh anggota dan kader harus tampil simpatik sebagai pembela rakyat”, kata Hasto.

“Namun yakinkah bahwa kekuatan pemimpin itu pada moral, berdiri pada kebenaran, dan pada karakter. Karakter pemimpin inilah, yang ada pada sosok pak Ganjar Pranowo, yang akan menjadi penentu kemenangan,” katanya.

“Lewat momentum rakerda ini, mari kita tanamkan ide imajinasi dan semangat di diri kita, seluruh kader Kalimantan Timur, tiada hari tanpa perjuangan, tiada hari tanpa menggalang rakyat,” pungkas Hasto.

Pos terkait