Sikat Turkmenistan 2:0 Timnas U-23 Indonesia Lolos ke Final Piala Asia

Timnas U 23 Indonesia laga Timnas U-23 Turkmenistan

RENTAK.ID, SOLO – Menggetarkan! Timnas Indonesia U-23 lolos menuju ke putaran Final Piala Asia U-23 di Qatar tahun 2024 mendatang, setelah menang 2:0 atas Timnas U-23 Turkmenistan di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, Selasa (12/9/2023).

Gol indah Ivan Jenner di babak pertama dan Arhan Pratama di babak kedua membuat Indonesia mendapatkan tiket ke Piala Asia U-23.

Bacaan Lainnya

Adu kekuatan dilakoni kedua tim sejak wasit meniup pluit babak pertama dimulai. Karena main keras, maka Turkmenistan harus mengganti Priyev Ruslan lebih awal yakni pada menit ke-13 karena cedera. Ia digantikan Mamiyev Begench.

Garuda Muda menggila untuk bisa menciptakan gol tambahan di babak kedua. Meski banyak peluang, namun Pratama Arhan dan kawan-kawan belum bisa mencipatakan gol meski mendominasi permainan.

Bermain cantik yang bermain dari kaki ke kaki membuat Turkmenistan bermain lebih bertahan agar tidak kebobolan.

Pada babak kedua Turkmenistan bermain dengan lebih agresif. Di lima menit pertama, mereka menekan pertahanan Indonesia untuk mencetak gol cepat, namun semua serangan mereka sia-sia.

Garuda Muda dapat mendikte jalannya pertandingan. Di menit ke-54, Garuda Nusantara nyaris mencetak gol kedua melalui sundulan Rio Fahmi, namun sayang bola masih membentur mistar gawang Turkmenistan.

Di menit ke-67, Ivar Jenner nyaris mencetak gol kedua setelah terjadi kemelut di depan gawang Turkmenistan. Namun sayang bola masih bisa dihalau oleh barisan pertahanan Turkmenistan.

Pemain pengganti Indonesia, Witan Sulaeman hampir mencetak gol. Memanfaatkan blunder kiper Turkmenistan yang kelamaan membawa bola, Witan berhasil merebut bola dan menceploskan bola ke gawang mereka. Namun gol ini tidak disahkan wasit karena dalam proses merebut bola, Witan melakukan handsball.

Gol ke gawang Turkmenistan untuk kedua kalinya berhasil dibobol Pratama Arhan. Gol tercipta dari pergerakan Arkhan Fikri di sisi kanan, ia melepaskan umpan silang yang disambut dengan sundulan Pratama Arhan yang tidak terkawal di depan gawang Turkmenistan. Skor 2-0 menutup jalannya pertandingan.

Susunan Pemain Kedua Tim
Timnas Indonesia U-23 (3-5-2): Ernando Ari; Elkan Baggott, Komang Teguh, Rizky Ridho; Pratama Arhan, Marselino Ferdinan, Arkhan Fikri, Ivar Jenner, Rio Fahmi; Rafael Struick, Hokky Caraka

Pelatih: Shin Tae-yong

Timnas Turkmenistan U-23 (5-4-1): Rustem; Toyjanov, Orazov, Durdyyev, Ilyas, Ruslan, Arrzuvguly, Myratberdiyev, Dovletgeldiyev, Salim, Hydyrow.

Pelatih: Agamyradov Ahmet

Pos terkait