Ada Apa Puan Maharani dan Gibran Bertemu di Solo? Ternyata ini Tujuannya

Ketua DPR Puan Maharani dengan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka

RENTAK.ID – Ada apa pertemuan antara Ketua DPR Puan Maharani dengan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka yang bertemu di Solo Paragon Mall, Jawa Tengah, Sabtu (27/5/2023). Berbagai spekulasi pun bermunculan, mengingat keduanya punya pengaruh kuat tidak saja di PDIP tapu juga di tengah masyarakat.

Apalagi Puan tampak mengelilingi pusat perbelanjaan tersebut sambil mengobrol akrab dengan Gibran sembari menemani melihat UMKM di Solo Paragon Mall. Salah satunya adalah stand batik yang sedang mengadakan pameran.

Bacaan Lainnya

Puan pun membeli beberapa potong batik di stand pameran itu. Sesekali tampak Puan berbincang dengan masyarakat yang sedang berada di mal. Tak jarang, Puan diminta untuk selfie bersama oleh pengunjung Solo Paragon Mall.

“Biasanya saya datang ke sini urusannya resmi, urusannya ruwet, jadi sekarang nggak mau ruwet, mau santai. Sudah lama nggak ke Solo, ini diajak mas Wali jalan-jalan keliling Solo,” kata Puan kepada awak media.

Keduanya pun tampak makan makam. Lalu Keduanya menyaksikan Night Market Ngarsopuro, kawasan wisata malam Solo yang berada di depan Istana Mangkunegaran. Kepada Puan, Gibran menceritakan kegiatan UMKM di Night Market Ngarsopuro yang kembali ia hidupkan setelah sempat terhenti akibat pandemi Covid-19.

Selanjutnya, Gibran mengajak Puan menonton konser Dewa yang digelar di Auditorum Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). “Habis makan, diajak Mas Wali nonton konser Dewa,” ujar Puan.

Puan menyatakan tak ada agenda politik khusus dalam kunjungannya ke Solo kali ini. Ia menyebut kedatangannya untuk bertemu dan menyapa masyarakat Solo.

“Agenda politiknya, ya saya ke sini sama Mas Wali. Artinya ya bareng. Itu aja,” kata Puan menjawab pertanyaan wartawan.

Dikonfirmasi apakah ada rencana Puan menjadikan Gibran sebagai juru kampanye dalam Pileg dan Pilpres, Puan mengatakan semua kepala daerah dari PDIP mengemban tugas tersebut. Seperti diketahui, Puan merupakan Ketua Tim Pemenangan PDIP untuk Pileg dan Pilpres 2024.

“Setiap kepala daerah PDI Perjuangan pasti harus menjadi motor terdepan partai,” tegasnya.

Puan juga diminta menanggapi soal pertemuan Gibran dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto yang juga akan maju pada pilpres mendatang. Ia lalu bertanya langsung kepada Gibran di hadapan wartawan bagaimana pertemuannya dengan Prabowo.

“Nggak gimana-gimana,” ucap Gibran.

“Tuh nggak gimana-gimana katanya. Tanyanya ke Mas Wali dong, kan Mas Gibran yang ketemu Mas Prabowo,” timpal Puan.

Mengenai perkembangan koalisi PDIP dengan partai lain di Pilpres 2024, Puan menyatakan PDIP sudah menjadwalkan pertemuan dengan sejumlah ketua umum pertai politik dalam waktu dekat. Ia juga memastikan PPP sudah sepakat bergabung dengan PDIP untuk mengusung Ganjar Pranowo sebagai capres.

“Kan sudah bergabung PPP dengan PDI Perjuangan. Sudah ada pertemuan antara Ketua Umum PDIP dan Ketum PPP. Ini yang sama-sama kita hari ini sepakati, kesamaan niat untuk calon presiden yang sama, dan kesamaan Pileg dan Pilpres yang akan datang,” papar Puan. ***

Pos terkait