Sinead O’Connor Wafat, Berjuta Orang Menangisi Penyanyi Mualaf Ini

RENTAL.ID – Penyanyi Sinead O’Connor ditulis rame-rame oleh banyak media telah tutup usia. Berjuta orang manangisinya.

Pelantun Nothing Compares 2 U  ini meninggal dunia dalam usia 56 tahun. Kabar mengenai kepergiannya disampaikan oleh keluarga.

Bacaan Lainnya

Meski begitu, hingga kini belum diketahui penyebab meninggalnya.  Pihak keluarga belum memberikan informasi apa pun.

Sontak saja nitezen pun mengoprek berita tentang  artis   kelahiran di Dublin selatan, 8 Desember 1966 dengan nama lengkap  SinĂ©ad Marie Bernadette O’Connor,  adalah seorang penyanyi sekaligus penulis lagu asal Irlandia  yang mulai terkenal di era akhir  tahun 1980-an.

“Dengan berat hati kami mengumumkan meninggalnya Sinead yang kami cintai,” kata pernyataan keluarga, dilansir dari CNN, Kamis (27/7/2023).

Keluarga dan teman-temannya sangat terpukul dan meminta privasi di waktu yang sangat sulit ini, lanjut mereka.

O’Connor mencapai kesuksesan pada 1990 lewat lagu Nothing Compares 2 U. Sebelumnya, lagu tersebut dipopulerkan oleh Prince.

Selama hidupnya, O’Connor banyak menuai kontroversi. Salah satunya saat ia merobek foto Paus John Paul II di acara televisi.

Pada 1992, O’Connor pun didaulat untuk menyanyikan lagu War milik Bob Marley secara akapela di acara Saturday Night Live (SNL).

O’Connor menyanyikan lagu tersebut untuk memprotes kasus kekerasan seksual pada anak yang banyak dilakukan oleh gereja Katolik Amerika Serikat era ’90-an. Namun tak disangka, O’Connor merobek foto Paus John Paul II usai menyanyikan lirik ‘evil’.

Penonton pun terdiam, tak ada yang bertepuk tangan atau mencemooh. O’Connor pun hanya menatap tajam ke depan tanpa berkata-kata saat selesai bernyanyi.

Aksi tersebut sangat mengejutkan karena Wakil Presiden acara SNL, Rick Ludwig, hanya tahu bahwa O’Connor akan mengangkat foto anak-anak yang tengah mengungsi karena bencana alam. Oleh karena itu, O’Connor pun dilarang untuk tampil di SNL selamanya atas alasan melakukan tindakan yang kurang terpuji dan menyinggung beberapa pihak.

Mualaf

O’Connor juga menyita perhatian publik setelah memutuskan menjadi mualaf. Ia resmi memeluk agama Islam pada 2018 lalu.

“Aku mengumumkan bahwa aku resmi menjadi seorang Muslim. Ini adalah sebuah konklusi dari perjalanan teologi yang alami. Kitab suci membawaku pada Islam dan hal itu membuat kitab suci lain seperti mubazir. Aku akan mendapatkan nama baru, yakni Shuhada,” tulisnya.

Pelantun Mandinka tersebut terlihat bangga memeluk agama Islam. Melalui media sosialnya, dia tak sungkan memperlihatkan dirinya melakukan azan hingga diberikan hijab pemberian temannya.

Selamat jalan Sinead O’Connor, tenanglah di haribahanNYA. ***

Pos terkait