Presiden Jokowi: Tema Rakernas IV PDIP Sangat Relevan

RENTAK.ID. JAKARTA – Presiden RI Jokowi mewanti- wanti dampak nyata perubahan iklim dan geopolitik global yang berdampak pada krisis pangan. Situasi tersebut kini menjadi kekhawatiran banyak negara.

Pernyataan Presiden disampaikan saat berpidato dalam agenda Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PDIP IV Tahun 2023 di JiExpo Kemayoran, Jakarta, Jumat (29/9/2023).

Bacaan Lainnya

“Tema di Rakernas IV sangat relevan dengan keadaan yang kita hadapi yang bukan sesuatu yang sangat gampang, tapi betul-betul sesuatu yang tidak mudah untuk diselesaikan, karena ini menyangkut ancaman perubahan iklim, nyata dan sangat kita rasakan dalam kehidupan kita sehari-hari saat ini,” kata Jokowi dalam pidatonya.

Presiden bilang, perubahan iklim telah membawa dampak pada perubahan kenaikan suhu bumi serta kekeringan di berbagai negara karena kemarau panjang. Di sisi lain, Kepala Negara menyampaikan kondisi belakangan turut memengaruhu pasokan pangan.

“5-10 tahun ke depan visi taktis itu harus kita miliki, plan yang detail, rencana yang detail, sehingga jelas berapa waktu yang harus kita siapkan. Berapa embung yang kita harus siapkan, berapa kilometer irigasi yang harus disiapkan, dan kapan itu harus bisa diselesaikan,” tutur Presiden Jokowi.

“Artinya sekali lagi, pangan menjadi kunci, seperti disampaikan Bung Karno; pangan merupakan mati hidupnya suatu bangsa. Itu betul sekali,” beber Presiden.

Di kesempatan yang sama, Ketua Umum DPP PDI Perjuangan menyampaikan, bahwa panganan lokal dapat menggantikan konsumsi gandum.

Adapun komoditas yang dapat dimanfaatkan untuk mengurangi ketergantungan gandum adalah hanjeli, pisang, porang, sagu, singkong, sorgum, sukun, talas dan ubi jalar.

“Guna mengurangi ketergantungan-nya, bukankah kita memiliki 10 sumber pangan lainnya, yaitu henjali, pisang, porang, sagu, singkong, sorgum, sukun, talas, dan ubi jalar yang tentunya kalau diolah dan dibackup oleh BRIN bisa menyubtitusi gandum,” ujar Megawati yang juga menjabat Ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

Sebagaimana diketahui, Rakernas IV PDIP berlangsung selama tiga hari mulai 29 September sampai 1 Oktober 2023 di JiExpo Kemayoran, Jakarta.

Adapun, tema Rakernas IV PDIP bertajuk ‘Kedaulatan Pangan untuk Kesejahteraan Rakyat Indonesia’ dengan sub tema ‘Pangan Sebagai Lambang Supremasi Kepemimpinan Indonesia Bagi Dunia’.

Pos terkait