Didapuk Sebagai Irup HUT Bhayangkara ke 77, Bupati Darma Wijaya Diberikan Suapan Tumpeng Pertama

RENTAK.ID – Peringatan HUT Bhayangkara ke 77 Tahun 2023, di Polres Serdang Bedagai (Sergai), kali ini yang menjadi Inspektur Upacara ( Irup) adalah Bupati Sergai Darma Wijaya.

Upacara dilaksanakan di lapangan Mako Polres Sergai di Desa Firdaus kecamatan Sei Rampah, Sabtu (1/7/2023).

Bacaan Lainnya

Upacara didahului dengan penghormatan, laporan kepada Bupati Darma Wijaya selaku Irup, dilanjutkan dengan pemeriksaan barisan peserta upacara.

Bupati Darma Wijaya saat membaca kan amanat tertulis Kapolda Sumut Irjen Pol RZ. Panca Putra Simanjuntak mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran Polda Sumut, yang sudah bekerja maksimal memberikan keamanan, ketertiban masyarakat, penegakan hukum, perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat.

“Rasa hormat dan penghargaan kami, kepada para sesepuh dan pendahulu Polri. Tensi geopolitik global, konflik Rusia-Ukraina, transisi pandemi covid19 menuai banyak masalah, seperti kenaikan harga pangan, energi yang memacu tingginya inflasi. Tahun 2023 ini, kita akan menghadapi tahapan Pemilu 2024 dan potensi bencana alam akibat perubahan iklim, ” jelas Kapolda Sumut.

Irjen Pol Panca Putra juga menambah kan, Polri harus memiliki sence of crisis sesuai arahan Presiden RI bahwa pimpinan Polri harus dapat bekerja secara makro dan mikro di lapangan.

“Yang paling penting, sinergitas pemerintah, TNI dan Polri serta stake holders harus terjaga dari tingkat atas hingga dasar Tahun 2023 ini sudah terbukti dengan banyaknya operasi yang sudah dilaksanakan, ” ujarnya.

Atas kinerja tersebut lanjutnta, Polda Sumut telah meraih beberapa penghargaan seperti Peringkat I Kordinator pengelola anggaran terbaik.

“Terbaik peran aktif perlindungan dan rehabilitasi manggrove dan dari Kompolnas Award tahun 2023, ” tandas Kapolda Sumut.

Acara dilanjutkan dengan syukuran, dengan melihat Video tron kegiatan bhakti sosial dan pertandingan olahraga yang dilaksanakan Polres Sergai dalam rangka HUT Bhayangkara ke-77.

Dalam kesempatan ini Kapolres Sergai AKBP Oxy Yudha Pratesta menyampai kan, selaku pimpinan Polres Sergai mengucapkan selamat hari Bhayangkara ke-77, kepada seluruh anggota dan keluarga besar Polres Sergai dimanapun berada dan bertugas.

“Kita harus terus melakukan pembenahan di segenap aspek organisasi, untuk menghasilkan kualitas kinerja yang lebih baik dimasa yang akan datang, ” sebutnya.

Pihaknya juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada seluruh elemen masyarakat, beserta instansi terkait yang telah berpartisipasi mendukung pelaksanaan tugas Polri.

“Kiranya semua prestasi dan keberhasilan yg telah diraih selama ini dapat terus ditingkatkan di masa yang akan datang, ” kata AKBP Oxy Yudha.

Kapolres juga memaparkan beberapa kegiatan dalam rangka HUT Bhayangka ra ke-77, yakni bhakti sosial, donor darah, anjangsana/ pemberian sembako, pemberian kursi roda kepada warga penyandang cacat/lumpuh.

“Kemudian, bedah rumah, pembuatan air bersih/ sumur bor, penanaman mangrove, pertandingan olahraga, perlombaan praktek SIM, ziarah ke makam personil Polres Sergai dan doa bersama lintas agama,” kata Kapolres.

Sementara itu Bupati Sergai Darma Wijaya didampingi unsur Forkopimda menyampaikan, selamat HUT Bhayangkara kata ke -77 dan dalam hal ini berharap, kedepannya institusi Polri lebik baik lagi dalam bersinergi dan me lakukan kerjasama dengan berbagai elemen dan komponen demi membangun masyarakat di Sergai.

Pemotongan Tumpeng oleh Kapolres Sergai didampingi oleh Ketua Bhayangkari cabang Polres Sergai dan unsur Forkopimda Sergai, diberikan kepada Bupati Darma Wijaya. Kemudian kepada personil tertua, AKBP Sofyan, /Wakapolres dan personil termuda, Bripda M. Ibnu Fadilah Sitopu.

Penutup dilakukan penyerahan hadiah pemenang perlombaan dalam rangka HUT Bhayangkara, dan piagam penghargaan kepada para juara oleh Kapolres Sergai, Bupati Sergai dan unsur Forkopimda Sergai.

Turut hadir, Ketua DPRD Sergai,M. Ilham Ritonga, Ketua Pengadilan Negeri Sei Rampah, Zulfikar Siregar, Ketua Pengadilan Agama Sergai diwakili oleh Gipar, Kajari Sergai, Muhammad Amin.

Dandim 0204/DS diwakili oleh Mayor Inf AH. Pane, Danyon 121/ MK diwakili oleh Lettu Inf.Try Sutrisno, Kakan Kemenag Sergai,Zulkifli Sitorus, Ketua Bawaslu Sergai, Agusli Matondang,Ketua KPUD Sergai, Fuad Hasan Lubis.

Kadis Dukcapil Sergai, Selamat Hartino, Kasat Pol PP Sergai, Muhammad Wahyudhi, Kadis Pora Parbud Sergai, Akmal, Kadis Perhubungan, Gunawan Jaya Wardana Hasibuan, Kadis Tenaga Kerja Sergai, Ikhsan, Kadis PBPBD Sergai, Frits Euki Prapanca Damanik dan undangan lainnya. ***

Foto :
1 Bupati Sergai Darma Wijaya didaulat sebagai Irup pada HUT Bhayangkara ke 77.

2 Kapolres Sergai AKBP Oxy Yudha Pratesta memberikan Tumpeng pertama kepada Bupati Darma Wijaya.

Pos terkait