Museum Nasional Dilalap Si Jago Merah

Museum Gajah Terbakar (tangkapanlayar)

RENTAK.ID, JAKARTA – Jago merah melalap Museum Nasional atau Museum Gajah di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat alami kebakaran, Sabtu (16/9/2023) malam.

Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Kota Jakarta Pusat melaporkan, objek yang terbakar merupakan Gedung A.

Bacaan Lainnya

Insiden itu dilaporkan warga pada pukul 20.00 WIB. Tujuh unit kendaraan pemadam kebakaran (damkar) dikerahkan petugas.

“Objek: Museum gajah Gedung A,” dikutip dari laporan yang dikirimkan Kepala Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta Satriadi Gunawan, Sabtu (16/9/2023).

Untuk memadamkan api, pihak Damkar mengerahan awal berupa tujuh unit dengan 21 personel. Belum diketahui penyebab kebakaran dan kerugian dari dampaknya.

Berdasarkan laporan kebakaran Sudin Gulkarmat Jakarta Pusat, kronologi kebakaran berawal ketika petugas keamanan sedang melaksanakan apel.

Tidak lama kemudian sekitar pukul 19.58 WIB, terjadi ledakan yang cukup besar dari arah bedeng proyek yang sedang mengerjakan renovasi di Museum Nasional.

Alarm gedung pun berbunyi dan saat dilihat, api sudah membesar.

Sudin Gulkarmat Jakarta Pusat menambah personel dari awalnya 32 petugas menjadi 52 petugas untuk memadamkan kebakaran di Museum Nasional, tepatnya di gedung A.

Total unit yang dikerahkan, yakni 13 unit mobil damkar untuk memadamkan si jago merah.

Hingga berita ini diturunkan, petugas masih berupaya mendinginkan area yang terbakar seluas 20×20 meter persegi.

Pos terkait