Mendikbudristek Tinjau Kebakaran Museum Nasional

Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim saat tinjau kebakaran Museum Nasional

RENTAK.ID, JAKARTA – Pasca kebakaran Museum Nasional Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim gerak cepat meninjau kebakaran yang melanda bangunan Gedung A Museum Nasional Indonesia, pada Sabtu (16/9/2023) malam.

Museum Nasional Indonesia terbagi menjadi tiga bangunan utama, yakni gedung A, Gedung B dan Gedung C. Kebakaran saat ini diketahui terjadi di bagian belakang Gedung A dan sampai dengan pukul 22.40 api sudah padam.

Bacaan Lainnya

“Alhamdulillah, tidak ada korban jiwa. Saat ini, prioritas utama kami adalah upaya perlindungan maksimal terhadap artefak berharga dan benda-benda sejarah yang ada di dalam museum,” kata Mendikbudristek.

Tim investigasi internal juga dikerahkan Mendikbudristek untuk menentukan penyebab pasti kebakaran serta agar segera melakukan pendataan terhadap koleksi baik yang terdampak maupun yang sudah diamankan.

Dirinya mengatakan, “Kemendikbudristek akan bekerja sama dengan pihak berwenang untuk memastikan bahwa penyelidikan berjalan dengan transparan.”

Informasi pembaruan secara berkala kepada media dan masyarakat akan disampaikan seiring dengan perkembangan situasi.

“Kami memohon doa dan dukungan dari semua pihak agar peristiwa ini dapat segera berangsur membaik,” tutup Menteri Nadiem.

Pos terkait