Menapaki Sejarah Masjid Taqwa di Palembang: Asal-Usul dan Perjalanan Masyarakat Sumsel

RENTAK.ID – Masjid Taqwa adalah salah satu masjid di tengah Kota Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel). Letaknya tidak jauh dari Kambang Iwak dan rumah dinas Walikota Palembang, serta tidak terlalu jauh dari jalan protokol Kapt. A Rivai.

Yang menarik dari masjid ini adalah adanya kolam ikan yang cukup luas di sebelahnya, yang dikelilingi jalan aspal, dimana selain berfungsi sebagai paru-paru kota, juga menjadi tempat bermain warga Palembang di waktu-waktu libur. Di sisi lainnya, terdapat kantor instansi ABRI.

Masjid Taqwa ini cukup luas, baik ruangan maupun halamannya. Ruangan masjid dapat menampung sekitar 800 jamaah untuk shalat wajib, shalat Jumat, dan shalat Id. Sedangkan halaman masjid Taqwa mampu menampung lebih dari 400 jamaah.

Masjid ini didirikan pada 1973, dengan luas bangunan hingga 3104 m. Masjid ini bisa menampung hingga 1500 jemaah di dalam hingga luar.

Di dalam ruangan masjid, terasa cukup sejuk karena ruangannya luas dan tidak memiliki tiang di tengah-tengah ruangan.

Masjid ini terletak persis menghadap kiblat sehingga tidak ada ruang yang tidak bermanfaat untuk shalat.

Mimbar untuk khutbah tidak terlalu besar dan tidak terlalu megah dan terbuat dari kayu, serupa dengan karakteristik yang dimiliki oleh masjid-masjid di Kota Palembang pada umumnya.

Meskipun begitu, mimbar ini cukup jelas terlihat dari jamaah yang berada paling belakang, sehingga pelaksanaan shalat menjadi cukup nyaman di suasana masjid yang teduh dan sejuk.(***)

Pos terkait