Mari Menyimak Kegiatan Ramadhan di Ponpes Khomsani Nur Lumajang

Ponpes Khomsani Nur Lumajang

RENTAK.ID, LUMAJANG – Alhamdulillah Ramadhan tahun ini, adalah untuk kesekian kalinya Kami jalani pada Pondok Khomsani Nur Klanting Lumajang. Yang mana Ramadhan merupakan bulannya ummat dan tentunya harus mengisinya dengan sebaik baiknya.

Kami pun menyambutnya dengan senang hati melalui kegiatan bersih bersih gubug, kamar mandi, dapur dan ruang kelas.

Bacaan Lainnya

Pada tahun ini seperti biasanya ada kegiatan mengaji khusus pada bulan ramadhan, yaitu untuk kelas kitab ada pelajaran Kitab Salaf siang hari dan bada Tarawih. Sementara bagi kelas Alquran pagi dan sore ada kegiatan sorogan dan Murojaah.

Malam harinya untuk Tarawih satu juz per hari lanjut setoran dan tadarus. Dengan Imam Tarawih adalah para santri penghafal Alquran untuk memperkuat hafalan mereka.

Ada juga kegiatan wajib semua kelas yaitu bada duhur pengajian bersama Kitab Fathul Mu’in yang diisi oleh Pengasuh Ponpes.

Para donatur pun juga cukup antusias dalam menyambut ramadhan yang penuh berkah ini. Terbukti dalam waktu seminggu list untuk satu bulan buka bersama 100 santri setiap harinya sudah penuh.

Alhamdulillah donatur Pondok yang berdonasi untuk bukber ini tidak hanya dari wilayah Lumajang saja, tetapi juga dari Jakarta dan Surabaya.

Mereka semua antusias untuk mengisi List daftar donasi buka bersama setiap harinya dengan menu yang bervariasi. Ada yang menyumbang 1 hari dan bahkan sampai 5 hari namanya tertera pada daftar penyumbang buka bersama.

Suasana tenang dan syahdu pun mengiringi kegiatan sholat ini, selain karena tempat pesantren ini yang sunyi (berada pada tengah sawah).
Suasana alam yang begitu natural dengan gemericik air dan hembusan angin serta suara binatang pun juga nenambah semangat sholat pada Pesantren Khomsani Nur.

Adapun untuk sahur kami memasak bersama di dapur yang masih menggunakan tungku dan kayu hakar sebagai bahan bakarnya. Serta juga ada beberapa Donatur yang juga menanggung memberi makan sahur untuk para santri selama beberapa hari.

Alhamdulillah, itulah suasana Ramadhan di Ponpes Khomsani Nur Klanting Tahun 1445 H. Semoga Ramadhan tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya dan kita semua dapat bertemu kembali pada ramadhan tahun berikutnya. Amin. ***

Pos terkait