Gedung A Museum Nasional Indonesia Kebakaran, Petugas Fokus Selamatkan Artefak Berharga dan Benda Sejarah

Museum Gajah Terbakar (tangkapanlayar)

RENTAK.ID – Gedung Museum Nasional Indonesia (MNI) atau Museum Gajah di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat kebakaran, Sabtu (16/9/2023) malam.

Akun twitter Museum Nasional Indonesia @MuseumNasional menginformasikan, peristiwa terjadi sekitar pukul 20.08 WIB tepatnya di Gedung A.

Bacaan Lainnya

“Selamat malam Sobat Museum Dengan rasa duka kami ingin memberikan informasi bahwa pada Hari Sabtu, tanggal 16 September pukul 20.08 WIB terjadi insiden kebakaran yang melanda Museum Nasional Indonesia (MNI),” tulis treed akun tersebut pada Sabtu malam.

Dijelaskan, MNI terbagi dalam tiga bagian: gedung A, Gedung B dan Gedung C. Saat ini kebakaran terjadi di belakang Gedung A, dan sampai dengan jam 21.45 api sudah berangsur dilokalisir oleh Petugas Pemadam Kebakaran.

Dilanjutkan, petugas yang berada di lokasi saat ini sudah melakukan pengamanan terhadap benda-benda yang dianggap penting di dalam museum yang mengalami insiden tersebut.

“Bekerjasama dengan pihak yang berwajib MNI sedang melakukan pengamanan lebih lanjut. Saat ini prioritas utama kami adalah perlindungan artefak berharga dan benda-benda sejarah yang ada di dalam museum,” lanjut keterangan twitter official tersebut.

“Petugas pemadam kebakaran sedang bekerja dengan upaya maksimal untuk memadamkan api dan menghindari kerusakan terhadap koleksi & benda sejarah,” jelasnya lagi.

Pihak museum juga akan melakukan penyelidikan apa penyebab kebakaran serta melakukan pendataan benda apa saja yang terdampak ataupun yang sudah berhasil diamankan

“Begitu api padam, kami akan langsung mengerahkan tim investigasi internal untuk menentukan penyebab pasti kebakaran serta melakukan pendataan terhadap koleksi baik yang terdampak maupun yang sudah diamankan,” tulis Museum Nasional Indonesia.

“Kami akan bekerja sama dengan pihak berwenang untuk memastikan bahwa investigasi ini berjalan dengan transparan,” lanjutnya lagi tulisan @MuseumNasional. (***)

Pos terkait