Awalnya Ceria, Akhirnya Ketika Akan Pergi Meninggalkan Rasa Haru dan Sedih

RENTAK.ID – Meskipun jadwalnya sempat terlambat tetapi karena kebersamaan, pelepasan AKBP (Pur) Syofyan selesai menjadi abdi Bhayangkara (purnawirawan) di Polres Sergai, dilaksanakan Jajaran Polres Serdang Bedagai (Sergai) dihalaman Mapolres, Selasa (26/9/2023).

Pesan dan kesan serta candaan saat AKBP (Pur) Syofyan masih bertugas di Polres Sergai,mewarnai acara tersebut karena mantan Waka Polres Sergai tersebut sejak menjadi Perwira Pertama hingga Perwira Menengah, selalu kembali bertugas di Sergai.

Kapolres Sergai AKBP Oxy Yudha Pratesta dalam sambutan perpisahan nya mengatakan, kalau sosok AKBP Syofyan selama 5 bulan dirinya menjabat Kapolres di Sergai, banyak mendapat berbagai masukan darinya karena lama bertugas di kepolisian.

“Inilah enaknya kalau yang kita gantikan itu orang yang pintar, seperti saya menggantikan Pak Ali Machfud yang kebetulan senior saya bahkan ilmu Kepolisiannya cukup mumpuni, maka tidak banyak yang dilakukan. Saya hanya membuat yang kurang atau belum ada, artinya tinggal menambahi saja dan tidak ada yang berubah”, papar Kapolres.

Diberbagai kesempatan, lanjut Perwira Melati Dua abituren Akpol 2003 ini pada setiap apel saya menegaskan ada 3 hal yang harus dikerjakan, yakni : knowledge skill dan attitude.

“Artinya (knowledega) = pengetahuan dimana Polisi dituntut untuk terus mempelajari pengetahuan atau belajar, skill = keahlian dimana seorang Polisi itu dituntut menjadi ahli atau tau, dan attitude = sikap yang profesional sebagai seorang Polisi yang bertugas, melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat.”

“Saya berharap, kepada senior kami yang sudah Purna artinya sudah bebas dan tetap lah menjaga kesehatan. Kepada Kabag Log dan Kasat Reskrim yang pindah ke Polres Simalungun, buang yang tidak baik dan bawa yang baik itu dari Sergai ke Simalungun”, tandas Kapolres.

Acara dilanjutkan dengan pemberian cenderamata, dari masing-masing Bagian dan Satuan Fungsi di jajaran Polres Sergai, kepada AKBP (Pur) Syofyan dan mantan Wakil Ketua Bhayangkari Cabang Polres Sergai, mantan Kabag Logistik Kompol Raymond Hutagalung dan mantan Kasat Reskrim AKP Made Yoga Mahendra.

Acara terakhir, pelepasan AKBP (Pur) Syofyan dan Istri melalui tradisi Pedang Pora, diiringi Kapolres Sergai AKBP Oxy Yudha Pratesta dan Ketua Cabang Bhayangkara, Ny. Septya serta Waka Polres yang baru, Kompol Damos Christian Aritonang dan Istri.

Suasana hari pecah tatkala, AKBP (Pur) Syofyan dan Istri melalui barusan Pedang Pora, tradisi TNI/Polri yang jarang dilakukan.

Terlihat wajah Purnawirawan Pamen Polisi itu memerah berkaca-kaca menahan haru, begitu juga dengan Ibu Syofyan tak mampu menahan air mata.

Suasana haru tersebut kembali lagi terjadi, dimana Ketua Bhayangkari Cabang Polres Sergai, Ny. Septya nyaris tak mau melepaskan pelukannya dari Nyonya Syofyan.

“Lima bulan kita bersama Mbak, membina Bhayangkari tapi mbak yang meninggalkan kami. Terima kasih Mbak, sudah membimbing kami”, ucap Ketua Bhayangkari Cabang Polres Sergai lirih.

Adapun personel yang mutasi ke Polres Simalungun yakni,mantan Kabag Log,Kompol Raymond Hutagalung menjadi Kabag Ops dan Kasat Reskrim AKP Made Yoga Mahendra menjadi Kasat Reskrim Polres Simalungun.

Hadir, Waka Polres Sergai, Kompol Damos Christian Aritonang dan Ibu Waka Polres, Kabag Ops, Kompol LS Siregar, Kabag SDM, Kompol SP Anak Ampun, Kasat Reskrim AKP JH Panjaitan dan para Kapolsek sejajar amb wilayah hukum Polres Sergai.***

Pos terkait